Kamis, 10 Desember 2015

Kemajuan Teknologi


Perkembangan atau Kemajuan Teknologi


            Teknologi merupakan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Semakin berkembanganya dunia, tidak dapat dipungkiri kemajuan teknologi masa kini juga berkembang sangat pesat. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya inovasi-inovasi yang telah dibuat di dunia ini. Teknologi sudah ada sejak zaman dahulu yaitu pada zaman romawi kuno. Perkembangan teknologi berkembang sangat drastis dan terus berevolusi sampai sekarang. Ada 3 klasifikasi dasar kemajuan teknologi :
1.      Kemajuan teknologi yang bersifat netral
Terjadi bila tingkat pengeluaran lebih tinggi dicapai dengan kuantitas dan kombinasi faktor-faktor pemasukan yang sama.
2.      Kemajuan teknologi yang hemat tenaga kerja
Kemajuan teknologi yang terjadi sejak lahir abad ke-19 ditandai oleh meningkatnya secara cepat teknologi yang hemat tenaga kerja dalam memproduksi sesuatu mulai dari kacang-kacangan sampai sepeda hingga jembatan.
3.      Kemajuan teknologi yang hemat modal
Hal ini disebabkan karena hampir semua riset teknologi, dan ilmu pengetahuan di dunia dilakukan di negara-negara maju, yang lebih ditujukan untuk menghemat tenaga kerja, bukan modalnya.

Kemajuan teknologi memang sangat penting untuk kehiudpan zaman sekarang. Karena teknologi adalah salah satu penunjang kemajuan manusia. Teknologi juga telah membantu memperbaiki ekonomi, pangan,  komputer, dan masih banyak lainnya. Pada saat ini teknologi sudah menjadi kebutuhan. Terlebih setelah adanya penemuan komputer, laptop yang sekarang hampir seluruh pekerjaan manusia berhubungan dengan komputer ataupun laptop. Sehingga pantas jika komputer adalah penemuan yang paling berpengaruh pada kehidupan manusia.

Sumber : klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar